Monday, March 16, 2009

Jamie Aditya: Old soul singer on jazz festival

James Adityawarman Graham atau lebih dikenal dengan nama Jamie Aditya, adalah seniman muda yang dianugrahi multibakat; penyanyi, penulis lagu, musisi, komedian, penari, pemain film, presenter TV. Pria kelahiran tahun 1970 di Canberra ini awalnya dikenal sebagai VJ di MTV Asia dan MTV Indonesia pada tahun 1990-an. Obsesi berikutnya adalah mencoba terjun ke dunia musik. Bukan jauh panggang dari api karena bakat bermusik telah ada sejak Jamie kecil.

Ia mulai belajar gitar klasik sejak umur 14 tahun di Jakarta. Materi dengarannya kemudian adalah musik-musik metal, rock, blues, sampai kepada musik Sunda. Di Australia juga sempat bermain dalam sebuah band reggae. Di Indonesia sendiri dia sempat bermain bersama kelompok Humania dan pernah berduet dengan Glenn Fredly di lagu “Good Times” dalam album “Aku Dan Wanita”. Saat ini Jamie Aditya sedang menggarap album solo bernuansa soul bersama Hendra (personil band indie Rock n’ Roll Mafia dari Bandung), DJ Sumantri dan Ade Habibie.

Beberapa lagu Jamie Adiyta dapat didengarkan di myspace yang ia buat. Coba saja simak “I ain’t the one acoustic”, “shine on”, “Now you’re gone”, “You’re just an alien” dan “Wondeful Day” yang sangat kental dengan nuansa old soul, gospel, Soul Stirrers, Pilgrim Traveler, Sam Cooke periode awal sebelum ia bermain di ranah pop, sampai Otis Redding, Womack Bros dan Sly Stone. Beberapa waktu yang lalu Jamie mempresentasikan lagu-lagunya itu di panggung Jakarta International Soulnation Festival 2008.

No comments: